Senin, November 17, 2008

Birthday gift ke Ragunan

Eas, 'the lost boy', kemarin tgl 6 Nopember 2008 ulang tahun yang ke 6.
Berhubung gak ada acara seperti tahun kemarin (bahkan pada lupa kalau tgl 6 ultah Eas!) #sorry, Say.....bukan berarti kami gak sayang, tapi bener2 100% lupa karena ada acara besar lain yang mesti dipikir bersama# dan bingung juga mau kasih kado apa, akhirnya pas hari Sabtunya (8 Nop) sama Bos sepakat mau bikin kejutan aja.
Jam 11an kita bawa Eas jalan tanpa kasih tahu tujuannya kemana, pokoknya jalan aja. Sempat pakai acara gak mau ikut lagi. Wah, bisa berantakan nih acara. Pakai ngotot lagi: "Eas gak mau ikut kalau perginya gak jelas kemana!".
Waduh! Kalau ngomong gak kejutan lagi dong.
Akhirnya kami pakai strategi sok gak butuh
"Ya udah, kalau gak mau ikut gak papa" tapi hati ketar ketir juga, takut Eas bener2 gak ikut bisa gagal kejutannya. He he.....
Strategi berhasil! Pas kami mau jalan tiba2 "Iya deh Eas ikut ya"
Akhirnya berangkatlah kami bertiga. Pas berangkat cuaca mendung banget, khawatir aja kalau tiba-tiba hujan. Tapi Alhamdulillah nggak, malah selama perjalanan jadi gak terasa panas, jadi adem.
Ditengah perjalanan sempat terjadi 'insiden' yang bikin jantung deg2an, tapi setelahnya ada hikmahnya, jadi lebih hati2 dan tanggap yang ada dikanan dan kiri kendaraan kita.
Setelah menempuh perjalanan hampir 1,5 jam (biar Sabtu, arah Ragunan tetepppp macet, terutama daerah Kalibata), sampailah kami di Kebun Binatang Ragunan.
Eas bolak balik tanya waktu kami masuk ke parkiran: "Dimana nih?", "Tempat makan apaan nih?" #gubrak! makan mlulu pikirannya#, "Kemana sih?" dll dsb
Begitu masuk ke area Kebun Binatang, baru Eas nyadar "Oooo asyikkk, kebun binatang ya? Mau ketemu nyemot sama gajah bledug" (nggak tau ini istilah dari mana).
Karena ternyata di jakarta selatan habis hujan, suasana Ragunan jadi adem banget.
Nih binatang2 yang bisa ditemui disana (sebagiannya ya...):

















Upsss...ada pantat raksasa!!!


Karena areal ragunan ini gak sekedar kebun binatang atau kandang binatang doang tapi juga diperuntukkan buat hutan kota, jadi areanya luasssss buanget.







Mobil sama motor pribadi gak boleh masuk ke area ini, cukup diparkir di tempat yang sudah tersedia. jadi kalau gak mau capek ada kok penyewaan sepeda di pintu masuk. Dari mulai sepeda tandem sampai sepeda anak2. Tapi untung2an dapatnya, soalnya sepeda yang disewakan terbatas.



Atau ada alternatif lain, bisa naik kereta ini



Cuma kita jadi gak bisa berhenti di tempat yang kita pingin liat. Jadi mesti ikut dari terminal awal sampai ke terminal itu lagi
Tapi sebenarnya kalau mau jalan kaki enak kok suasananya. Gak kerasa kalau ternyata sudah jalan jauh karena lingkungannya adem.
Tertarik? Lumayan lho ganti suasana, gak lihat jalan macet melulu. He he .....
Cuma ada beberapa tips yang mesti diperhatiin sebelum ke Ragunan
1. Bawa bekal (makan,minum,snack) dari rumah. Soalnya kalau beli didalam area Ragunan (kantin2 resmi karena asongan gak diperbolehkan masuk walaupun banyak juga yang main kucing2an ma petugas), harganya bisa berlipat-lipat dibanding kalau kita beli di luar area / bawa dari rumah
2. Lebih enak datang di hari Sabtu. Pengunjung gak begitu berjubel dibanding hari Minggu
3. Begitu masuk pintu Masuk, lihat ke kiri ke tempat penyewaan sepeda, begitu lihat masih ada sepeda jangan ragu2 untuk segera sewa. Soalnya beberapa menit kemudian, sepeda2 ini sudah punya 'penunggang'. Paling nggak sewa 1 unit, lumayan buat gantian kalau lagi capek jalan2 #pengalaman pribadi nih... :)#
4. Jangan lupa bawa payung. Lumayan buat nahan panas atau hujan.
5. Jangan gampang terbujuk harga foto 'maksa' di pintu keluar utama. Jadi waktu kita masuk (masih diluar area Ragunan) ada sejumlah 'fotografer amatir' yang ngejepret kameranya beberapa kali ke kita. Pas kita pulang, dia bakal nunjukin foto2 itu ke kita. Otomatis kita jadi tertarik pingin beli kan. Biasanya mereka main paket. 1 set ada 2 foto ditawarin dengan harga 30rb rupiah. Mahal kan? Mentoknya sih akhirnya 15rb rupiah dapat 2 foto. Mungkin kalau nawarnya lebih pintar lagi bisa dapat lebih murah.

Dengan modal 4000 rupiah untuk tiket masuk per orang, dijamin banyak manfaat yang didapat. Apalagi buat anak2. Pengenalan binatang dan pengenalan alam, juga menyehatkan karena mau gak mau mesti jalan kaki.
Oh ya, seminggu kemudian, Eas bilang gini: "Ke Ragunan lagi yukkk"
Wah, anak ini cinta alam dan binatang kayaknya: "Emang Eas mau lihat binatang apa lagi? Kan sudah semua dilihat"
Jawab Eas: "Eas mau keliling2 naik sepeda"
Aku + Bos : .........??????!!!!!!
Walah, mau naik sepeda mesti jauh2 kesana dulu???
Singkong pakai ragi alias ........

Tidak ada komentar: